Ulans♔

Jumat, 15 Maret 2013

TMT=))


Si teman baik gue ini berada dalam keadaan dilematis karena dia sekarang ini berpacaran dengan sobat mantan pacarnya sendiri, yang saking dekatnya udah kayak sodara (kata si mantan). Dan teman gue sangat stres setelah si mantan menuduh dia ‘mau enaknya sendiri’-lah, ‘makan temen’- lah. Saking stressnya sampe bela-belain nelpon gue pake SLI dari negeri jiran malem-malem.

Gue sendiri pernah berdiskusi mengenai anggapan bahwa seseorang yang statusnya mantan pacar teman, adalah bukan orang yang pantas untuk dijatuhi cinta. Singkatnya, kok kayaknya haram deh yang namanya jadian sama mantan pacar teman. Atau bisa dibolak balik juga kalimatnya menjadi “Sobat nggak boleh pacaran sama mantan pacar gue” atau “Gue nggak boleh pacaran sama sobatnya mantan”.

Kenapa?

Apa salahnya mencintai seseorang yang pernah menjadi kekasih dari teman? Toh statusnya dia sudah ‘Mantan’ yang notabene berarti dia sudah tidak punya hubungan apa-apa lagi dengan orang yang tadinya adalah kekasihnya.

Kalo gue nyoba ngeliat dari sudut pandang yang pro dengan pendapat ‘Mantan pacar teman tidak boleh dipacari’ ; oke, masuk akal dan bisa diterima. Temanmu yang merupakan mantan pacar orang yang kamu sukai akan merasa dikhianati, dia akan merasa kamu tidak setia kawan, dan yang terparah mungkin dia akan berpikir bahwa kamu merebut pacarnya (meski sebenarnya tidak selamanya begitu).

Sama halnya jika kamu memacari sobat dari mantan pacarmu, perasaan dikhianati juga akan muncul di hati mantanmu, akan ada persahabatan yang berakhir, pacar barumu akan dituduh sebagai orang ketiga dalam hubungan kalian.

Belum lagi pandangan orang luar yang akan berpikiran aneh-aneh, seperti “Loh? Cewek itu
kan pacarnya si A, kok sekarang dia jalan sama si B sih? A
kan temen deketnya si B!” atau “Gila si B, tu cewek
kan mantan pacar temen deketnya, masa diembat juga…” or “Jangan-jangan si A sama ceweknya putus gara-gara si B, lagi. Tahu sendiri
kan, sekarang si B udah jadian sama tu cewek.”

Dan kalo ternyata temanmu masih memendam perasaan cinta yang tersisa kepada mantannya, maka kamu harus bersiap-siap untuk bersaing dengan temanmu. Dan biasanya dalam persaingan yang kayak gini, siapapun yang menang diantara pihak yang bersaing pasti keduanya akan tetap menjadi musuh.

Yaah, belum lagi bakal banyak tuduhan yang akan mampir padamu jika kamu nekat memacari mantan pacar temanmu, atau memacari teman mantan pacarmu, antara lain tuduhan mengenai pihak ketiga, tukang rebut, gak setia kawan, dan lain sebagainya.

Kamu sendiri bakal berada dalam posisi yang nggak enak karena harus memilih antara teman atau cinta. Kalo kamu milih ‘teman’, maka kamu akan kehilangan cinta, dan apabila kamu memilih ‘cinta’, maka kamu akan kehilangan teman. Pilihan pertama bersifat absolut, sedangkan pilihan kedua masih bisa dikompromikan.

Sayangnya banyak sekali orang yang merasa berjiwa ksatria enough untuk memilih yang pertama. Pilihan bodoh sebetulnya.

Karena jika kamu memilih pilihan pertama, maka  kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan cinta. Dan bayangkan betapa banyaknya orang yang harus menderita kehilangan cinta kalau seluruh dunia setuju untuk memilih pilihan pertama.

Cinta dan teman bukan hal yang harus dipilih salah satunya. Keduanya berjalan beriringan. Tak ada orang yang berhak menentukan siapa harus berteman dengan siapa atau siapa berpacaran dengan siapa. Penentunya adalah dirimu sendiri. Orang yang pintar adalah orang yang bisa menyeimbangkan keduanya. Bukankah hidup akan terasa indah jika kita memiliki pacar dan teman?

Lupakan masa lalu. Jangan ragu-ragu untuk jatuh cinta kepada mantan pacar temanmu. Atau mencintai teman mantan pacarmu. Kalo temanmu atau mantanmu marah padamu, dia yang bodoh. Dia nggak berhak menghalangi cinta orang lain hanya karena dia gagal mempertahankan cintanya dengan orang yang sama. Dan kamu lebih bodoh lagi kalo kamu menyerah memperjuangkan cintamu demi mereka yang nggak dewasa itu.

Coba, betapa sia-sia hidup kalo kamu nggak bisa bersatu dengan seseorang yang dicintai hanya karena dia mantan pacar teman (atau teman mantan pacar)? Apabila perasaanmu sama dengan perasaan orang yang kamu cintai, betapa temanmu (atau mantanmu) akan berdosa karena dia menghalangi dua orang untuk saling mencintai hanya karena keberadaannya dan statusnya sebagai mantan pacar.

Gw sendiri adalah orang yang kontra terhadap pendapat ‘mantan pacar teman tidak boleh dipacari’.

Kenapa?

Karena tidak diperlukan alasan untuk mencintai, karena itu tidak boleh ada alasan untuk mencegah cinta bersatu.

Apalagi kalo alasannya konyol kayak “Duh gimana ya… dia
kan mantan pacar sobatku, aku nggak mau nanti dia marah sama aku kalo aku jadian sama mantannya.”

Bullshit abis! Muak banget gw baca majalah remaja yang isi rubrik curhatnya kayak gitu melulu. Emang gw akui, hal ini adalah masalah klasik. Di tiap jaman tiap generasi pasti ada aja problem kayak gini. Jelas banget, cinta nggak bisa ditebak bakal muncul sama siapa dimana kapan dan gimana terjadinya. Tapi bukan berarti lantas nyerah kalo tiba-tiba cinta muncul di antara kamu dan mantan pacar sobatmu. Atau sebaliknya. 
Banyak cara yang bisa dipakai untuk memperjuangkan cintamu. Dari cara yang soft sampe yang ekstrim abis. Cara yang soft bisa dimulai dengan ngomong sama temanmu dengan
gaya bercanda “Woy, si A
kan udah bukan cowok lo lagi, boleh gak gw ambil?”. Tentunya jawaban apapun yang dikemukakan sobatmu, kamu harus sudah menetapkan tekad untuk mendapatkan si cowok.

Kalo dia bilang  “Ya udah, ambil aja” Atuh syukur. Paling dia kaget pas tahu kamu udah jadian sama mantannya. Jaga hubungan baik kamu dan sobatmu, untuk menjaga perasaannya hindari mesra-mesraan di depan sobat. Minimal nggak usah gandengan tangan di tempat-tempat yang masih sering jadi ‘daerah teritorial’ sobatmu.

Kalo dia bilang  ”Ah gila, tega banget lo ngekhianatin gua kalo lo jadian ama mantan gua…”. Bodo amat.

Kalo kamu bersedia ngalah dan ngebohongin perasaan hatimu demi sobatmu, itu perbuatan bodoh. Karena kamu membiarkan sobatmu tega padamu, dan tega pada mantan pacarnya tentu saja. Siapa dia? Kalo kamu pintar, harusnya kamu tahu siapa yang berhak menentukan kebahagiaanmu., yaitu kamu sendiri.

Hwell, orang-orang yang menjunjung tinggi prinsip kesetiakawanan pasti bakal mencak-mencak baca tulisan gw ini. Tapi gw tetap dengan lantang bakal bilang kalo pendapat bahwa “Jadian Dengan Mantan Pacar Sobat itu Haram” adalah bodoh.

“Gila! Gua gak akan ngekhianatin teman baik gua sampe kapanpun!”
“Persahabatan kami nggak akan retak Cuma gara-gara mantan pacar”
“Apa nanti kata orang? Gua ogah dicap gampangan!”
“Pacar gampang dicari, tapi sobat susah dapetinnya.”

Hahaha… banyak yah alasan buat nolak pendapat gw? Surely, banyak yang suka salah nangkep. Yang gw tolak adalah pendapat bahwa jadian dengan mantan pacar teman itu haram. Garisbawahi katamantan.

Kalo jadian dengan PACAR TEMAN jelas haram banget. Cari gara-gara namanya. Anyway nggak akan gw bahas sekarang kok. Ntar ada lagi bab khususnya.

Bukan apa-apa. Masalahnya kebahagiaanmu adalah pilihanmu sendiri. Sobatmu atau mantanmu nggak punya hak menghalangi kebahagiaanmu, apalagi jadi pihak yang menentukannya. Jangan berpikir kamu egois karena jadian sama mantan pacar teman (atau teman mantan pacar). Kalo kamu membiarkan diri menderita karena menahan perasaan hati demi kata ‘Kesetiakawanan’, maka kamu secara nggak sadar memposisikan diri di pihak yang ‘melempar’ titel ‘egois’ pada sobatmu. Berpikirlah dewasa. Ini toh nggak bisa dihindari. 
Nah, kalo kamu sekarang ini sedang pacaran dengan mantan pacar sobat, tentunya ada aturan-aturan yang harus dipatuhi. Antara lain ;

-         Jangan mesra-mesraan di depan sobat
Ini udah jelas
kan maksudnya? Gw rasa udah nggak perlu dijelasin lagi

-         Jangan ungkit-2 masa lalu pacarmu
Hargai dia, dan hargai juga sobatmu. Itu sudah lembaran lama dan mereka juga pasti sedang berusaha melepaskan diri dari masa lalu mereka.

-         Jalan bareng Cuma kalo sobat udah punya pacar baru juga
Surely, ini berlaku kalo kamu dan sobatmu cukup bisa berpikir dewasa dan berjiwa besar untuk bisa menerima status baru diantara kalian. Jalan bareng it’s ok. Asal rame-rame dan sobat sudah punya pacar baru. Untuk menghindari hal-2 yang tidak diinginkan lah.

-         Nggak usah digembar-gemborin
Seluruh dunia nggak perlu tahu kamu pacaran sama siapa sekarang. Untuk beberapa lama tahan dulu keinginan ‘berbagi cerita’ demi keamanan kalian. Untuk menghindari anggapan miring masyarakat bodoh dan gosip-gosip konyol lainnya.

-         Bersikap netral sama sobat/mantan kalo kebetulan lagi berada dalam acara yang sama
Misalnya di kelas atau di pesta atau apalah yang melibatkan kamu, pacarmu, dan sobatmu. Bersikaplah netral, jangan menunjukkan sikap ‘sekarang pacar lo punya gue’ atau sikap aneh yang lainnya. Yeah, you know what to do lah
Dan gw yakin masih banyak cara lain yang bisa dipake.  

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar